Thursday, January 19, 2006

Ibu tua

jam menunjukkan pukul delapan malam kurang beberapa menit, ketika aku baru kluar kantor...
seperti biasa, aku sangat menikmati suasana jakarta malam hari
jalan yang bisa ditempuh kurang dari 10 menit, kadang sampai 20 menit
hanya tuk sekedar mencari "sesuatu yg baru"
dan memang selalu ada yang baru
dan pelajaran2 baru buat aku

malam itu, beda dari malam2 sebelumnya
jalanan lengang
kanan kiri abang2 kaki lima sibuk melayani customernya
"sapaan2" mereka pun kerap terdengar di telinga
duh....eneg juga ngedengernya
tapi
tht's life

aku masih penasaran
apa kira2 pelajaran malam ini
tanpa kusadar
di depanku, seorang ibu tua menggendong tumpukan kardus2 bekas
berjalan tertatih2, dengan beban sebanyak dan segedhe itu
mungkin terlalu berat buatnya
aku masih memperhatikannya dari belakang
aku teringat sabda Rasul "ibumu...ibumu....ibumu...."
aku teringat satu lirik lagu iwan fals
"ribuan pulau jalan yang kau tempuh, lewati rintangan untuk aku , anakmu..."
dan aku teringat ibuku....
sedang apa beliau sekarang......
Bu, ijinkan aku untuk membahagiakanmu
hingga tiba saatnya nanti....