Sunday, July 23, 2006

tak mudah putus asa

Minggu pagi ini, sebelum ngantor, aku menyempatkan diri sarapan
karena ga sempet masak, akhirnya mie rebus campur telur, bakso, and sayur mayur pun jadi santapan...

sambil makan, aku memilih2 acara televisi
ga ada yang bagus
isinya klo ga gosip, kartun, dan obrolan2 pagi
aku coba beralih ke TVRI
stasiun yang sejak jaman dahulu kala jarang banget aku tonton
tapi kali ini sepertinya menarik

siaran itu bikinan departemen perikanan dan kelautan ---bener ga namanya ? :d---
membahas tentang usaha perkembangbiakan ikan mas
dan aku terpana ma pengakuan pemilik usahanya
dia adalah seorang sarjana lulusan ITB
dan memulai usaha sejak awal 90 an

sekitar tahun 94, usahanya bangkrut, rugi puluhan juta
tapi kemudian ia bangkit, mencoba mencari modal kesana kemari
sampai akhirnya berkembang lagi
tahun moneter 1998, usahanya jatuh lagi, dan rugi lagi
kembali dia mencari pinjaman modal untuk memulai lagi
sempet berkembang beberapa tahun
hingga tahun 2002 semua ikan perliharaan dia terkena virus
dan mati
kerugian lebih dari 200 juta

lantas apa ?
dia memulai lagi dari awal
tidak menyerah untuk mencoba menarik investor
dan memang Allah tidak akan pernah mengecewakan hambaNya yang tidak mudah menyerah
beberapa investor dari Jakarta mempercayakan dananya kepada mereka
hingga sekarang
hingga hari ini
total semua ikan yang ada sejumlah 150 juta jika diuangkan..

luar biasa
aku tidak sedang terpesona dengan keuntungan yang menggiurkan itu
tapi kagum sama semangatnya yang tidak menyerah
jatuh bangun jatuh lagi dan kemudian bangun lagi
luar biasa
mampukah aku ?